Kamis, 22 Januari 2015

Kelas VIII H
OLEH :
  1. Abdul Latif Fauzan             (01)
  2. Kevin Maheswara              (12)
  3. Muhammad Izzuddin Zaki  (16)
  4. Rivaldy Arief Wicaksono    (20)
  5. Wahyu Bismoko Yuwono   (22)
Pendahuluan
Di dalam tubuh makhluk hidup selalu terjadi sistem transportasi. Sistem transportasi ini terjadi melalui proses pengangkutan nutrisi, oksigen, karbondioksida, dan sisa metabolisme.
Xilem dan floem adalah jaringan seperti tabung yang berperan dalam sistem pengangkutan. Air dan mineral dari dalam tanah akan diserap oleh akar, kemudian diangkut melalui xilem ke bagian batang dan daun tumbuhan. Zat makanan yang dibuat di daun akan diangkut melalui floem ke bagian lain tumbuhan yang memerlukan zat makanan. Xilem dan floem adalah jaringan pengangkut yang salurannya terpisah. Xilem yang ada di akar bersambungan dengan xilem yang ada di batang dan di daun. Floem juga bersambungan ke semua bagian tubuh tumbuhan.
Air adalah zat yang diperlukan oleh tumbuhan. Air adalah salah satu jenis zat yang termasuk ke dalam kelompok zat cair. Peristiwa masuk dan keluarnya air dari tumbuhan dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Pada saat kondisi lingkungan lembap atau jumlah uap air di lingkungan tinggi, maka air akan masuk ke dalam tumbuhan. Akan tetapi, apabila lingkungan di sekitar tumbuhan kering atau jumlah uap air di lingkungan rendah, uap air akan keluar dari tumbuhan melalui stomata yang terdapat di daun. Proses ini disebut transpirasi.
Air yang ada di dalam tanah masuk ke dalam sel tumbuhan karena adanya perbedaan konsentrasi air. Konsentrasi adalah ukuran yang menunjukkan jumlah suatu zat dalam volume tertentu. Apabila terjadi perpindahan molekul zat terlarut dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah, maka proses perpindahan ini disebut difusi. Apabila terjadi perpindahan molekul zat pelarut dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi melalui membran semipermeabel, maka proses perpindahan ini disebut osmosis.
Berikut ini jaringan yang dilalui oleh air ketika masuk ke akar.
Epidermis>Korteks>Endodermis>Perisikel>Xilem
Penyerapan air ini dipengaruhi oleh :
  1. Daya kapilaritas batang
  2. Daya isap daun
  3. Tekanan akar
  4. Pengaruh sel sel yang hidup
Tujuan :
Mengamati proses pengangkutan pada tumbuhan.
Alat dan bahan :
  1. Stoples kecil
  2. Pisau atau silet
  3. Tanaman pacar air
  4. Pewarna
  5. Air
  6. Vaselin
  7. Stopwatch
Langkah Kerja :
  1. Siapkan dua tanaman pacar air dengan ukuran dan jumlah daun yang sama.
  2. Hilangkan daun – daun dari salah satu tanaman kemudian olesi bekasnya dengan vaselin.
  3. Potonglah akar kedua tanaman di dalam air dan segera masukkan potongan akar kedua tanaman ke dalam toples yang berisi cairan pewarna.Hilangkan daun – daun dari salah satu tanaman kemudian olesi bekasnya dengan vaselin.
  1. Setelah satu jam, amatilah tangkai daun dan batang kedua tanaman tersebut.
Kesimpulan dan Pembahasan
Setelah didiamkan selama kurang lebih 1 jam, terlihat bahwa air bergerak lebih cepat pada tanaman pacar air yang masih terdapat daunnya meskipun memang perbedaannya tidak terlalu banyak. Hal tersebut terjadi sebab di dalam tumbuhan itu memang terjadi suatu proses transpirasi, dimana tumbuhan membutuhkan air untuk fotosintesis. Pada tanaman pacar air yang terdapat daunnya, air yang ada dalam toples paling banyak berkurang dibanding toples berisi tanaman pacar air tanpa daun, ini menandakan bahwa jaringan xilem dan floem yang berada di batang dan daun pacar air tersebut bekerja (melakukan trasnportasi) menyalurkan zat yang dibutuhkan dalam fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan terutama daun. Sedangkan pada tanaman pacar air yang hanya batang dan tangkai saja, pengambilan air (transportasi) hanya disalurkan ke batang, jadi jaringan xilem tidak dapat bekerja menyalurkan air ke daun, sehingga proses fotosintesis tidak dapat berjalan karena fotosintesis terjadi pada daun.
Kesimpulannya air dan zat hara yang diperlukan tumbuhan untuk fotosintesis harus disalurkan ke daun, jika daun tidak ada maka proses fotosintesis tersebut tidak akan terjadi, sebab tempat terjadinya fotosintesis adalah di daun.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2011 Blog Bismo. Design by Wordpress Themes.

Themes Lovers, Download Blogger Templates And Blogger Templates.
Desing Downloaded From Free Blogger Templates | Free Website Templates | Free PSD Graphics